Cari thema tulisan dan judul artikel disini

Sabtu, 10 Februari 2024

SERI KAJIAN NASAB : CATATAN IBNU SINA - 2

   Kajian Nasab Ke  Enam belas 

Ibnu Sina  :  980 -  Juni 1037 M

 oleh : Sayyid Syarif Arif Chandra bin Ibrahim AlKadri

Ketua Maktab Nan Gq 1857 Pusat Pontianak




م غادر ابن سينا جرجان إلى دهاي في تركمانستان لكنه اضطر للعودة إلى جرجان لأنه أصيب بمرض أثناء الرحلة. وعندما عاد إلى جرجان التقى بأبي عبيد الجوزجاني، الطالب الذي جاء من منطقة بلخ مثل والد ابن سينا. ثم أصبح أبو عبيد الجوزجاني من أكثر الطلاب ولاءً وخدم ابن سينا حتى نهاية حياته. عند هذه النقطة انتهت سيرة ابن سينا وأكمل الجوزجاني بقية القصة: "ومن هنا كنت أنا الذي دونت حلقات حياة المعلم [ابن سينا] التي شهدتها بنفسي وأنا برفقته" به حتى وفاته".

ويبدو أن ابن سينا قد استقبل جيدًا في جرجان. اشترى أحد سكان جرجان، الذي قيل إنه محب للعلم، لابن سينا منزلًا مريحًا للغاية. وبحسب دميتري غوتاس، فمن المحتمل أن يكون ابن سينا قد حصل على اللجوء من منوشهر (حكم 432 هـ – 1012 م / 451 هـ – 1031 م)، ابن السلطان قابوس، الذي أصبح حاكمًا للسلالة الزيارةية خلفًا لوالده. كثيرًا ما كان الجوزجاني يزور منزل ابن سينا ليقرأ معه "المجسطي" لبطليموس. وهناك أيضاً بدأ ابن سينا بإملاء مؤلفاته على الجوزجاني، ومنها: ملخص الأوشحة الأوسط، المبدأ والمعاد، الأرسياد الكلية (الفترة المبكرة والعودة). الملاحظات العامة)، مختصر المجسطي (تلخيص المجسطي)، ومكاتب أخرى متنوعة. وفي جرجان أيضًا، بدأ ابن سينا في كتابة الجزء الأول من القانون في الطب في الطب.

بلاد فارس حوالي الفترة 421هـ – 1000م.


Ibnu Sina kemudian meninggalkan Gorgan menuju Dahae di Turkmenistan tapi terpaksa kembali ke Gorgan karena menderita sakit selama perjalanan.


 Pada saat kembali ke Gorgan itulah dia bertemu dengan Abu 'Ubayd Juzjani, seorang pelajar, yang berasal dari wilayah Balkh seperti asal ayah Ibnu Sina.  


Abu 'Ubayd Juzjani kemudian menjadi murid yang paling setia dan melayani Ibnu Sina hingga akhir hayatnya.  Sampai periode ini autobiografi Ibnu Sina berakhir dan kisah selanjutnya diteruskan oleh Juzjani: "Dari titik ini, saya lah yang menuliskan episode-episode kehidupan Guru [Ibnu Sina] yang saya saksikan sendiri selama saya menemaninya hingga kematiannya." 


Di Gorgan tampaknya Ibnu Sina diterima dengan baik. Seorang penduduk Gorgan, yang dikatakan pencinta ilmu, membelikan Ibnu Sina sebuah rumah yang cukup nyaman. 


Menurut Dimitri Gutas, kemungkinan Ibnu Sina mendapat suaka dari Manuchihr (berkuasa  432 H – 1012 M / 451 H – 1031 M), putra Sultan Qabus, yang menjadi penguasa Dinasti Ziyariyah menggantikan ayahnya.


 Juzjani kerap mengunjungi rumah Ibnu Sina untuk membaca "Risalah Matematika" (Almagest) karya Ptolemaeus bersamanya. 


Di sana pula Ibnu Sina mulai mendiktekan karya-karyanya untuk ditulis ulang oleh Juzjani, di antaranya: Mukhtasar Al-Awshāt  Ringkasan Tengah, Al-Mabda wal-Ma'ād (Masa Awal dan Masa Kembali), Al-Arsyād Al-Kulliyah (Observasi Umum), Mukhtasar Al-Majisti (Ringkasan Almagest), dan berbagai traktat lainnya. Di Gorgan pula Ibnu Sina mulai menulis bagian awal Al-Qānūn fī al-Thibb  Kanon Kedokteran. 


Persia sekitar kurun waktu 421 H – 1000  Masehi


وبعد مرور بعض الوقت، لأسباب لم تُذكر، حوالي عام 433هـ – 1014م، غادر ابن سينا جرجان إلى الري في بلاد فارس، المدينة التي ولد فيها الخليفة هارون الرشيد. وعندما وصل الري، كان يقود المدينة أمير شاب من أسرة البويهي اسمه مجد الدولة، فتوفيت والدته في ذلك الوقت السيدة سيرين (447 هـ – 1028 م)، وكانت في السلطة فعلياً. وكما روى الجوزجاني فإن مجد الدولة كان مريضاً فوضعته أمه في الحريم وكلّف ابن سينا برعايته.

وأقام ابن سينا في الري سنتين إلى ثلاث، وأتم هناك كتاباً بعنوان كتاب المعاد. بعد ذلك انتقل ابن سينا من الري إلى قزوين، ثم إلى همدان وعُين وزيراً لشمس الدولة، وهو شقيق مجد الدولة. وعلى الرغم من أن الجوزجاني لم يذكر أسباب تحرك ابن سينا، إلا أن خفاندامير، وهو مؤرخ فارسي من القرن الخامس عشر، قال إن ابن سينا أغضب السيدة سيرين بإصراره على أن أحد أبنائه له الحق في المملكة.

وفي حياته المزدحمة كوزير ملكي، طلب الجوزجاني من معلمه مواصلة الكتابة ووعد ابن سينا بالوفاء بذلك.[7] فبمساعدة الجوزجاني وطلابه الآخرين، كان ابن سينا يعقد كل ليلة اجتماعًا في منزله مع طلابه، حتى نجح ابن سينا أخيرًا في إكمال كتابه القانون في الطب الذي كان عنده. بدأ في جورجون، وبدأ في كتابة كتاب الشفاء.


Selang beberapa waktu, untuk alasan yang tidak disebutkan, sekitar tahun 433 H – 1014 M Ibnu Sina meninggalkan Gorgan menuju Ray di Persia, kota tempat kelahiran Khalifah Harun al-Rasyid.


 Saat tiba di Ray, kota itu dipimpin seorang emir dari Dinasti Buwaihi yang masih kecil bernama Majd al-Dawla, sehingga pada waktu itu ibunya, Sayyidah Syirin wafat 447 H – 1028 M, yang secara de facto berkuasa. 


Sebagaimana dikisahkan Juzjani, Majd al-Dawla menderita sakit dan ditempatkan ibunya di harem dan Ibnu Sina ditugaskan untuk merawatnya. 


Ibnu Sina menetap di Ray selama dua hingga tiga tahun, dan di sana menyelesaikan sebuah buku berjudul Kitāb al-Ma'ad (Buku Masa Kembali).  


Setelah itu Ibnu Sina pergi dari Ray menuju Qazwin, kemudian menuju Hamadan dan diangkat sebagai wazir (perdana menteri) Syams al-Dawla, yang tidak lain saudara Majd al-Dawla. 


Meski Juzjani tidak menceritakan alasan kepindahan Ibnu Sina, namun Khvandamir, sejarahwan Persia abad ke-15, menceritakan bahwa Ibnu Sina membuat marah Sayyidah Syirin karena bersikeras bahwa salah satu putranya memiliki hak atas kerajaan. 


Dalam kesibukannya sebagai wazir kerajaan, Juzjani meminta gurunya untuk terus menulis dan Ibnu Sina berjanji untuk memenuhinya.[7] Maka atas bantuan Juzjani dan murid-muridnya yang lain, setiap malam Ibnu Sina mengadakan pertemuan di rumahnya bersama murid-muridnya, sehinga akhirnya Ibnu Sina berhasil menyelesaikan bukunya Al-Qānūn fī al-Thibb (Kanon Kedokteran) yang telah dimulai sejak di Gorgon, serta mulai menulis Kitāb Al-Syifā (Buku Penyembuhan). 


ويقال من تاريخ آخر أن ابن سينا، كل صباح، قبل الذهاب إلى العمل، كان يأخذ وقتًا لكتابة كتاب السيفا، ثم يدعو طلابه ويقرأ ما كتبه. وعندما توفي شمس الدولة عام 440 هـ – 1021 م، طلب القادة من سما الدولة، الذي تولى العرش خلفًا لوالده، الاستمرار في تعيين ابن سينا وزيرًا للمملكة. لكن ابن سينا رفض هذا الطلب، والسبب، بحسب سهيل م. أفنان، هو أن الجنرالات في همدان كانوا قد هاجموا ابن سينا سابقًا. وبدلاً من البقاء وزيراً، اختار ابن سينا المغادرة والاختباء بمساعدة حاميه أبو غالب العطار. وفي هذه الفترة نجح ابن سينا في إكمال كتاب السيفة الذي كان يكتبه كل يوم خمسين (50) صفحة.

أثناء اختباءه، أجرى ابن سينا مراسلات سرية مع علاء الدولة، حاكم أصفهان، وعرض عليه أن يصبح خادمًا له. وقد اشتمت السلطات في همدان، وخاصة الوزير الذي يدعى تاج الملك، بهذه الحادثة واتهمت ابن سينا بالخيانة. فقبضوا على ابن سينا وحبسوه في قلعة خارج همدان تسمى فردجان. سُجن ابن سينا لمدة أربعة أشهر تقريبًا حتى هاجمت قوات علاء الدولة من أصفهان همدان وأنهت حكم سماعة الدولة عام 442 هـ - 1023 م، وتم إطلاق سراح ابن سينا.

نانجق مكتب 1857


Dari riwayat yang lain dikatakan bahwa setiap pagi, sebelum berangkat bekerja, Ibnu Sina selalu menyempatkan diri untuk menulis Kitāb Al-Syifā, kemudian memanggil murid-muridnya dan membacakan tulisannya. 


Ketika Syams Al-Dawla meninggal tahun  440 H – 1021 M, para jendral meminta Sama Al-Dawla, yang naik tahta menggantikan ayahnya, untuk tetap menjadikan Ibnu Sina sebagai wazir kerajaan. 


Tetapi Ibnu Sina menulak permintaan ini, yang alasannya, menurut Soheil M. Afnan, karena sebelumnya para jendral di Hamadan sempat menyerang Ibnu Sina.  


Alih-alih tetap menjadi wazir, Ibnu Sina memilih untuk pergi dan bersembunyi atas bantuan pelindungnya, Abu Ghalib al-Attar;  di mana pada kurun inilah Ibnu Sina berhasil menyelesaikan Kitāb al-Syifā yang dia tulis lima puluh  (50)  halaman setiap harinya. 


Selama dalam persembunyian, 


Ibnu Sina sempat melakukan korespondensi rahasia dengan 'Ala al-Dawla, penguasa di Isfahan, dan menawarkan diri untuk menjadi pembantunya. 


Penguasa di Hamadan, khususnya menteri bernama Tāj-al-Mulk, mencium peristiwa ini dan menuduh Ibnu Sina melakukan pengkhianatan. 


Maka mereka pun menangkap Ibnu Sina dan memenjarakannya di sebuah kastil di luar Hamadān yang disebut Fardajān.  Ibnu Sina dipenjara selama hampir empat bulan hingga pasukan 'Ala al-Dawla dari Isfahan menyerang Hamadan dan mengakhiri pemerintahan Samāʾ al-Dawla pada 442 H – 1023 M. Ibnu Sina pun bebas.

MAKTAB NANGQ 1857

نانعق مكتب 1857




أثناء وجوده في المعتقل، انتهى ابن سينا من الانشغال بتأليف وإكمال كتاب الهداية، ورسالة حي بن يقظان قصة حياة اليقظ، وكتاب القولنج، وكتاب المغص، وكتاب المغص، وكتاب الهداية. العدويات القلبية لطب القلب. عندما تم إطلاق سراحه من السجن وأثناء وجوده في همدان، أمضى ابن سينا وقتًا في كتابة الفصل المنطقي من كتاب السيفا، وهو كتاب عبد القدير، وهو شيء منطقي أو شيء غير منطقي وفقًا للمنطق. نظرًا لأن منطق AQ محدود، فإن المعيار العام هو شيء لا معنى له بالنسبة للمنطق، ولكن عندما يكون AQ أعلى من المعيار العام، فإنه يصبح شيئًا منطقيًا تمامًا ويتضمن في الواقع المنطق.

AQ الذي يتمتع بالمعيار العام AQ مائة وخمسون (150) هو في الأساس أكثر احتمالية لقبول المعلومات ويكون في حده الأدنى جدًا في إجراء الأبحاث والتجارب. ونتيجة لذلك، فمن المرجح أن يقبل المعلومات التي يمتصها على أنها معقولة أو معقولة. غير منطقى. "وفي الوقت نفسه، عبد القدير أعلى من مائة وخمسين (150)." إنهم أشخاص ينشطون عندما يسمعون ما إذا كانت المعلومات منطقية أم لا. "لذا فإنهم هم أنفسهم الذين يختبرون ويبحثون ويفحصون ويدرسون ويفهمون أولاً حتى يتكرر مستوى البحث حتى تكون هناك نقطة مصدر أولية إلى نقطة المصدر النهائية. توضيح حقيقة المعلومات. حتى أخيرًا أصدروا قرارًا بناءً على نتائج البحث. قالوا إن هذا منطقي تمامًا. "لأنهم مهما فعلوا تجنبا للذم والتطاول،.


Selama dalam tahanan, 


Ibnu Sina menyelesaikan menyibukkan diri dengan menulis dan menyelesaikan Kitāb Al-Hidāyah (Buku Hidayah), Risālah Hayy bin Yaqdzān  Kisah Kehidupan Orang yang Waspada, Kitāb Al-Qulanj  Buku tentang Kolik/Sakit Perut, dan Al-Adawiyāt al-Qalbiyah Pengobatan Jantung. Ketika sudah keluar dari tahanan dan saat masih berada di Hamadan, Ibnu Sina menghabiskan waktu menulis Bab logika dari Kitāb Al-Syifā, Kitab Tentang AQ sesutu yang masuk Akal atau sesuatu yang tidak masuk akal menurut logika,. 


Karena logikaAQ yang terbatas Standar  umum susuatu yang tidak masuk akal bagi logika, akan tetapi ketika AQ tersebut berada di atas standar  umum menjadi sesuatu yang sangat masuk akal dan di yaqini kebanaranya termasuk logika


AQ yang berstandar umum AQ  Seratus Lima Puluh (150)  pada hakekatnya lebih cenderung bersipat menerima informasi dan sangat minim untuk melakukan penelitian, uji coba, Alhasil lebih cenderung besripat menerima informasi yang di serap masuk akal atau tidak masuk akal,. 


“Sedangkan AQ yang berada di atas AQ Seratus Lima Puluh (150),. 


Mereka adalah orang – orang yang aktip ketika mendengar sebuah informasi masuk akal atau tidak,. “Maka mereka sendirilah yang menguji, meneliti, memeriksa, mempelajari, memahami terlebih dahulu sampai pada tingkat Penelitian yang ber ulang – ulang sampai ada titik sumber awal sampai pada titik sumber ahirnya,. terang kebenaran informasi tersebut,. 


Sampai ahirnya mereka memberikan Keputusan ternyata dari hasil penelitian itu,. Mereka bekata ini sangat masuk akal,. “Sebab apapun yang mereka lakukan untuk menghindari Fitnah dan yang berkepanjangan,. 




هكذا في بحث أهل البيت رسول الله نسب. "يأخذ ابن سينا دائما نقطة انطلاقه من جيل إلى جيل لمعرفة ما يحدث من تغيرات واختلافات، حتى يتم التوصل في النقطة الأخيرة إلى قرار لا يضر أي طرف. "وفي الحقيقة هو مفيد للطرفين لأن المعلومات التي تم الحصول عليها صحيحة للغاية، فهو مسؤول أمام الله وملائكته ورسله وأهل بيته".

عُرض على ابن سينا مرة أخرى أن يتولى منصبًا إداريًا في همدان لكنه رفض. وبعد فترة قرر ابن سينا الانتقال إلى أصفهان مع أتباعه وهم الجوزجاني وأخيه بالإضافة إلى عبدين. وتنكروا بملابس صوفية حتى وصلوا أخيرًا إلى أبواب أصفهان. وهناك استقبلهم أصدقاؤهم، ثم تم نقلهم إلى منزل تم إعداده ليكون مكان إقامتهم. يبدو أن الانتقال إلى أصفهان والتواجد تحت حماية علاء الدولة هو القرار الصحيح وكانت الفترة الأكثر استقرارًا في حياة ابن سينا.[16] وعلى حد تعبير الجوزجاني، فإن الحاكم الكاكوية "أعطاه الاحترام والتقدير الذي يستحقه شخص مثله [ابن سينا]".[13] وليس من المستغرب أن يصدر علاء الدولة مرسومًا: يُعقد اجتماع مساء كل يوم جمعة. لابن سينا مناقشة المواضيع العلمية والفلسفية، وكان يحضره المثقفون من كافة مناحي الحياة.[6]

أثناء إقامته في أصفهان، لم يكن ابن سينا يشغل منصبًا رسميًا في الحكومة وكان يميل إلى تجنب السياسة وكل زخارفها. كرس كل وقته للكتابة والتدريس فقط. ولأول مرة، كتب ابن سينا أيضًا كتابًا عن الفلسفة باللغة الفارسية والذي - وفقًا لاسم راعيه - كان بعنوان "دانيش نامه يي علائي كتاب المعرفة على الدولة". علاوة على ذلك، كتب ابن سينا كتاب النجاة، كتاب الصلاة، وكتاب الإنصاف، كتاب الحكم الذاتي، وأكمل كتاب الشفاء، كتاب الشفاء، الذي كان رائدا فيه منذ فترة طويلة.


“Maka dalam Penelitia Nasab Ahlulbeit Rasullullah,.


 “Ibnu Sina selalu mengambil titik awalnya secara turun – temurun untuk mengetahui perubahan dan perbedaan yang terjadi sehingga di titik ahirya akan di peroleh sebuah Keputusan yang tidak merugikan pihak manapun juga,.


 “Dan justru saling menguntungkan karena Informasi yang di peroleh sangat Valid, Benar, Shohe dapat di pertanggungjawabkan di sisi Allah, Para Malaikatnya, Para Rasulnya dan Ahlulbeitnya


Ibnu Sina sempat ditawari kembali untuk menduduki posisi administratif di Hamadan tetapi  beliau  menolaknya.


 Selang beberapa waktu, Ibnu Sina memutuskan untuk pindah ke Isfahan bersama para pengikutnya, yakni Juzjani dan saudaranya, serta dua orang budak. 


Mereka menyamar menggunakan pakaian sufi hingga akhirnya tiba di gerbang Isfahan. Di sana mereka disambut sahabat-sahabatnya, kemudian dibawa ke sebuah rumah yang sudah disiapkan sebagai tempat kediamannya. 


Pindah ke Isfahan dan berada di bawah perlindungan 'Ala al-Dawla, tampaknya merupakan keputusan yang tepat dan menjadi periode paling stabil dalam kehidupan Ibnu Sina.[16] 


Dalam kalimat Juzjani, penguasa Kakuyiah itu "memberikan rasa hormat dan penghargaan yang sudah sepantasnya diterima oleh seseorang sekaliber dia [Ibnu Sina]."[13] Tidak heran bila 'Ala al-Dawla mengeluarkan maklumat: pada setiap Jumat malam sebuah pertemuan digelar bagi Ibnu Sina untuk membahas topik ilmiah dan filosofis, dan dihadiri orang-orang terpelajar dari semua golongan.[6]


Selama menetap di Isfahan, 


Ibnu Sina tidak menduduki posisi resmi di pemerintahan dan cenderung menghindari politik beserta seluruh perangkapnya. Dia mengabdikan seluruh waktunya hanya untuk menulis dan mengajar. Untuk pertama kalinya, Ibnu Sina juga menulis sebuah buku tentang filsafat dalam bahasa Persia yang—sesuai dengan nama pelindungnya—diberi judul Dānish-Nāmeh ye 'Alā'i  Buku Pengetahuan 'Ala al-Daula .


 Di luar itu Ibnu Sina menulis Kitāb al-Najāt Buku Doa, Kitāb al-Insyāf  Buku Penghakiman Diri, dan melengkapi Kitāb al-Syifā  Buku Penyembuhan  yang telah lama dirintisnya

الخوض في اللغة العربية


ورغم أن ابن سينا كان معتادًا على الكتابة باللغة العربية، إلا أنه لم يكن خبيرًا في مجال الأدب والأدب العربي. وفي أحد الأيام، وفي اجتماع حضره علاء الدولة، عبر ابن سينا عن إجابة لسؤال لغوي معقد. تقدم رجل متعلم وقال: "أنت فيلسوف ورجل حكيم أيضًا، لكنك لا تفهم فقه اللغة جيدًا بحيث لا ترضينا إجاباتك". هذا التوبيخ اللطيف أزعج ابن سينا كثيرًا؛ لذلك قام بدراسة قواعد اللغة العربية وآدابها بشكل جدي.

وبعد حوالي ثلاث سنوات، نجح ابن سينا في جمع ثلاث قصائد عربية مليئة بالكلمات النادرة؛ وكتب ثلاث مقالات بأساليب لغوية مختلفة. ثم جمع كتابه في مجلد واحد، ثم سلمه إلى علاء الدولة لينقله إلى العالم الذي وبخه. اندهش العالم عندما قرأها، ولم يتمكن من تخمين كاتبها.

وفي السنوات التالية، حاول ابن سينا أن يجمع عملاً في علم اللغة العربي بعنوان لسان العرب، لكن هذه الكتابة لم تكتمل وظلت في شكل مخطوطة تقريبية حتى وفاته. عدا عن ذلك، فقد كتب ابن سينا أيضًا مقالًا عن المنطق أثناء زيارته لجرجان بعنوان المختصر الأصغر، والذي أدرج لاحقًا في فاتحة كتاب النجاة.


Mendalami Bahasa Arab  


Meski Ibnu Sina sudah terbiasa menulis dalam bahasa Arab, tapi dia bukanlah ahli dalam bidang sastra dan literatur Arab. 


Pada suatu hari, dalam pertemuan yang dihadiri 'Ala al-Dawla, Ibnu Sina mengutarakan jawaban akan sebuah pertanyaan linguistik yang pelik. Seorang terpelajar maju dan berkata, "Anda adalah seorang filsuf dan juga orang bijaksana, tetapi tidak cukup baik memahami filologi sehingga jawaban Anda tidak memuaskan hati kami." 


Teguran halus ini sangat mengganggu Ibnu Sina; maka dia pun secara sungguh-sungguh mempelajari Tata bahasa dan sastra Arab secara menyeluruh. 


Sekitar tiga tahun kemudian, Ibnu Sina berhasil menyusun tiga puisi Arab yang penuh dengan kata-kata langka; serta menulis tiga esai dengan berbagai gaya bahasa. Dia lalu membundel karyanya dalam satu jilid, kemudian menyerahkannya kepada 'Ala al-Dawla agar diteruskan kepada orang terpelajar yang telah menegurnya. Orang terpelajar itu keheranan membacanya, dan tidak berhasil menebak pengarangnya. 


Pada tahun-tahun berikutnya Ibnu Sina mencoba menyusun sebuah karya tentang linguistik Arab yang diberi judul Lisānul Arab, namun tulisan ini tidak selesai dan masih dalam bentuk naskah kasar hingga kematian menjemputnya.  Selain itu Ibnu Sina juga menulis sebuah esai tentang Logika saat mengunjungi Gorgan yang berjudul al-Mukhtasar al-Asghār (Ringkasan Pendek), yang kemudian disertakan pada pembukaan Kitāb Al-Najāt


MAKTAB NANGQ 1857

نانعق مكتب 1857

47. Bsb...........48


BERSAMBUNG KE BAGIAN 17, KLIK >>: IBNU  SINA - 3

BACA KAJIAN NASAB BAGIAN PERTAMA, KLIK >> : KAJIAN PERTAMA 

Rabu, 07 Februari 2024

SERI KAJIAN NASAB : CATATAN IBNU SINA - 1

  Kajian Nasab Ke  Lima belas 

Ibnu Sina  :  980 -  Juni 1037 M

 oleh : Sayyid Syarif Arif Chandra bin Ibrahim AlKadri

Ketua Maktab Nan Gq 1857 Pusat Pontianak





 Ibnu Sina (Arab: أبو علي الحسين بن عبد الله بن سينا, translit. 

Abū ‘Alī al-Husain bin ‘Abdullāh bin Sīnā) 

lahir pada 401 H  - 980 M di Afsyanah daerah dekat Bukhara (sekarang wilayah Uzbekistan) dan

 Wafat 458 H - Juni 1037 M  di Hamadan, Persia sekarang Iran,. 


 بالنسبة للكثيرين، فهو "أبو الطب الحديث". ومن بين ما يقرب من 450 عنوانًا كتبها، بقي 240 

منها باقية حتى يومنا هذا، بينما تم تدمير الباقي بنجاح على يد الشيعة الوهابية والرافضة الذين لم يؤمنوا بوجود نسب النبي في نهاية الزمان. منها 240 عنوانًا في مجال الفلسفة و40 عنوانًا في الطب وحوالي 4 كتب مقتطفات من نسب النسب من وقت لآخر والتي لم تتمكن أيضًا من البقاء بسبب تدميرها على يد الوهابيين القائمين في مكة والشيعة الرافضة. الذين جعلوا سيدنا علي بن أبي طالب إماماً لهم. وفي الوقت نفسه، تم الافتراء على ابن سينا باعتباره قائمًا ينتمي إلى طائفة المعجلة.

من أشهر مؤلفاته كتاب القانون في الذيب، كتاب الطب والكشف عن جسم الإنسان، وكان له دور كبير في إجراء الأبحاث حول طريقة الحمض النووي لأهل البيت رسول الله، وهي موسوعة طبية أصبحت مرجعاً وكتاباً معيارياً في هذا المجال. الطب في مختلف الجامعات واستمر استخدامه على مر القرون حتى حوالي عام 1650 م

 ابن سينا (عربى: أبو علي الحسين بن عبد الله بن سينا، ترجمة. أبو علي الحسين بن عبد الله بن سينا)

ولد سنة 401 هـ - 980 م في منطقة أفسيانة بالقرب من بخارى (أوزبكستان حاليا) و

 توفي سنة 458 هـ - يونيو 1037 م في همدان ببلاد فارس (إيران حاليا).

ولذلك فإن العدد الأكبر من أحفاد الشعب الفارسي كانوا في إيران والعراق في ذلك الوقت. والذي هو أيضاً أساس أهل البيت رسول الله، كل من خط السيدنا حسن وخط السيد الحسين، والذي بدأ بالزيجات المختلطة بين أهل البيت رسول الله والنساء الفارسيات، اللاتي كن في الواقع أيضاً جزءاً من الشعب الروماني الذي تم غزوه في الحرب الساسانية. نسخة قام. فكثير من نساء الروم اللاتي أصبحن أسيرات حرب تزوجن بهن، ثم بعد أن تطورن أسلمن وتزوجن أهل البيت رسول الله من الرجال.


Bagi banyak orang, dia adalah "Bapak Kedokteran Modern". Dari sekitar 450 judul yang ditulisnya, 240 di antaranya selamat dan bertahan hingga hari ini dan yang lainnya  di musnahkan kaum wahabia yang tidak meyakini adanya Ketrunan Rasullullah di ahir jaman,.


 yang di antaranya terdapat 240 judul dalam bidang filsafat dan 40 judul dalam pengobatan dan sekitar 4 Kitab Nukilan Silsilah Nasab dari Jaman Ke Jaman yang juga tidak bisa bertahan karena di Musnahkan Qaum Wahabi dan Nashibi . 


Sementara Ibnu Sina mereka Fitnah sebagai Qaum yang beraliran Mu’tajilah. 


Karyanya yang paling terkenal adalah "Al-Qānūn fī al-Thibb" Buku Pengobatan dan Deteksi Tubuh Manusia, Beliau sangat berjasa dalam melakukan Penelitan Tentang Kaedah DNA Ahlulbeit Rasullullah, sebuah ensiklopedia medis yang menjadi buku rujukan dan standar di bidang kedokteran pada berbagai universitas dan terus digunakan selama berabad-abad hingga sekitar tahun 1650 M


Oleh sebab itu keturunan Orang – orang Versia terbanyak terdapat di Negara Iran dan Iraq pada saat itu,. Yang juga merupakan Basis Ahlulbeit Rasullullah baik jalur Sayidina Hasan maupun jalur Sayidina Husein yang bermula adanya perkawinan campur antara Ahlulbeit Rasullullah dengan wanita – wanita Persia yang nota benenya mereka juga bagian orang – orang Roma yang di taklukan dalam Perang Sasyaniah dari Qaum Versia,. 


Sehingga banyak wanita – wanita Romawi yang menjadi tawanan perang mereka Nikahi kemudian setelah berkembang mereka kemudian masuk Islam menikahi Ahlulbeit Rasullullah dari kalangan laki – laki,.


Ibnu Sina bagi orang  Barat,. Beliau dikenal  sebagai Avicenna, 

adalah seorang muslim yang di anggap beraliran Mu'tazilah polimat yang dipandang sebagai dokter, astronomer, dan penulis terpenting dari Zaman Keemasan Islam;  dan dianggap sebagai filsuf paling berpengaruh di era pra-modern


في تلك الفترة كانت السلطنة السمانية في بخارى تهتز بفعل الصراع الداخلي، بعد أن كانت في السابق مركزا ثقافيا ينافس بغداد. كان والده من بلخ، بينما كانت والدته من قرية محلية حول بخارى

كتب ابن سينا سيرة ذاتية لتلميذه المسمى أبو عبيد الجوزجاني، ثم ألحقها تلميذه بفصل ختامي. وهذه السيرة الذاتية التي انتهت في فترة جورجون حوالي العام (434 هـ - 1013 م / 435 هـ - 1014 م)، أدرجها بعد ذلك ابن أبي أشيبة في كتابه المعنون "عيون الأنبا في ثباتات الملوك". أثيبا تاريخ الأدب الطبي. هذا هو المرجع الرئيسي لقصة حياة ابن سينا، بصرف النظر عن الملاحظات الأخرى التي قدمها الكتاب المسلمون

كما قال ابن سينا.

ينحدر والده من بلخ في منطقة مزار شريف بأفغانستان الحالية، وانتقل إلى بخارى في عهد نوح بن منصور في السلطة من 397 هـ – 976 م إلى 418 هـ – 997 م، وهناك عيّن والده نائباً. حاكم هرميتسان، مقاطعة في بخارى؛ وهناك التقى والده بوالدته في قرية تدعى أفسيانة وتزوجا أخيرًا.

تولى نوح بن منصور العرش عام 397 هـ - 976 م في سن مبكرة جدًا، فاستعان في إدارة الحكم بوالدته، بالإضافة إلى وزير اسمه أبو حسين عُتبي، وكانت السلطنة السمانية في ذلك الوقت. مواجهة الاضطرابات الداخلية والخارجية. وبصرف النظر عن الاضطرار إلى مواجهة المنافسة على السلطة بين الأمراء، كان على نوح بن منصور أيضًا مواجهة معارك في الشمال والجنوب.


Pada masa itu Kesultanan Samaniyah di Bukhara sedang diguncang konflik internal, setelah sebelumnya menjadi salah satu sentral kebudayaan menyaingi Baghdad. Ayahnya berasal dari Balkh, sedangkan ibunya berasal dari desa setempat di sekitar Bukhara 


Ibnu Sina menulis sebuah autobiografi untuk muridnya yang bernama Abu 'Ubayd Juzjani, yang kemudian dilengkapi oleh muridnya tersebut dengan bab penutup. Naskah Autobiografi ini, yang berakhir hingga periode di Gorgon sekitar tahun (434 H - 1013 M / 435 H - 1014 M), kemudian dimasukkan oleh Ibnu Abi Ashaybi’ah dalam karyanya yang berjudul ’Uyūn al-Anbā’ fī Thabaqāt al-Athibbā’ Sejarah Literatur Bidang Kedokteran. 


 Inilah yang menjadi rujukan utama kisah hidup Ibnu Sina, di luar catatan-catatan lain yang diberikan para penulis muslim

Menurut penuturan Ibnu Sina, 

Ayahnya berasal dari Balkh di wilayah Mazar-i Syarif  sekarang Afghanistan, yang pindah ke Bukhara pada masa pemerintahan Nuh bin Mansyur  berkuasa 397 H  - 976 M  sampai dengan  418 H -  997 M.  


Di sana ayahnya diangkat sebagai gubernur Harmaytsan, sebuah propinsi di Bukhara; dan di sana pula ayahnya bertemu dengan ibunya di sebuah desa bernama Afsyanah hingga akhirnya menikah.


Nuh bin Mansyur naik tahta pada  397 H – 976 M dalam usia masih sangat muda, sehingga harus dibantu ibunya menjalankan roda pemerintahan, serta seorang wazir bernama Abu Husain 'Uthbi


  Saat itu Kesultanan Samaniyah sedang menghadapi gejolak internal dan eksternal. Selain harus menghadapi persaingan kekuasaan antar pangeran, Nuh bin Mansyur juga harus menghadapai pertempuran di utara dan selatan.





وفي الشمال، هاجمت خانية كارا خانيد واستولت على وادي زرافشان، حيث توجد مناجم الفضة التابعة للسلطنة السمانية، وفي عام 401 هـ – 980 م، كانت خانية كارا خانيد تسيطر بالفعل على منطقة إيسيجاب. وفي الجنوب دولة البويهي التي سيطرت على بغداد وجعلت من العباسيين مجرد رمز لخلافة عبيد الله الوسطى في عهد عبيد الله حيث كان مفتيها عبد الله بن أحمد المهاجر. وبعد أن خرج عبيد الله من السلطة، واصل الأمر عدود الدولة الذي كان قوياً جداً. حاول نوح بن منصور القيام بحملة على البويهي عام 404هـ – 982م، لكنه هُزم على يد عدود الدولة. ولكن بعد عام بدأت عدود الدولة وسلالة البويهي في الانهيار.

في عام 992، استولى القراخانيون على عاصمة بخارى تحت قيادة خان يُدعى هارون بغرة، لكنه توفي بعد وقت قصير من الغزو، حتى يتمكن نوح بن منصور من الاستيلاء على بخارى مرة أخرى بمساعدة السلطان أبو عبد الله محمد من الأسرة الإفريقية. . لكن بعد وفاة نوح بن منصور عام 418 هـ – 997 م، لم يكن هناك خليفة شاه يتمتع بالقوة الكافية لقيادة السلطنة السمانية. وعندما هاجم القراخانيون السمانية مرة أخرى عام 420هـ – 999م، سقطت بخارى نهائيًا واختفت السلطنة السمانية.

الحياة المبكرة والتعليم

السلطنة السمانية (240هـ – 819م إلى 420هـ – 999م) في أوج مجدها. ويبدو أن مدينة بلخ أو باكتريا، التي جاء منها والد ابن سينا، كانت تابعة لبخارى.

كان والد ابن سينا من بلخ، وانتقل إلى بخارى وأصبح حاكمًا لمنطقة مهمة تسمى حرمايتسان. وبالقرب من هرميتسان توجد قرية تسمى أفسيانة، حيث التقى بأبيه وأمه ثم تزوجا واستقرا هناك. وفي هذه القرية ولد ابن سينا عام 980، وسرعان ما تبعه أخوه الأصغر. خلال تلك الفترة، احتدمت التوترات بين السلطنة السمانية وخانية كارا خانيد في الشمال وسلالة البويهي في الجنوب.


Di utara, Khanat Kara-Khanid menyerang dan mengambil Lembah Zarafshan, di mana terdapat tambang perak Kesultanan Samaniyah, dan pada  401 H – 980 M Khanat Kara-Khanid sudah menguasai wilayah Isijab.


 Sementara itu di selatan, Dinasti Buwaihi (Buyid) yang telah menguasai Baghdad dan menjadikan Abbasiyah hanya sebagai simbol kekhalifahan Ubeidillah Tengah di masa kejayaan Ubeidillah sebagai Mufthinya adalah Abdullah Bin Ahmad  Al – Muhajir,. 


setelah Ubeidillah tidak berkuasa di lanjutkan oleh  'Adud al-Dawla yang sangat kuat. 


Nuh bin Mansyur mencoba melakukan ekspedisi melawan Dinasti Buwaihi pada  404 H – 982 M, tetapi berhasil dipatahkan 'Adud al-Dawla. 


Tetapi setahun kemudian 'Adud al-Dawla dan Dinasti Buwaihi mulai mengalami keruntuhan.


Pada tahun 992 M, 


Kara-Khanid merebut ibukota Bukhara di bawah seorang khan bernama Harun Bughara, namun dia meninggal tidak lama setelah penaklukan tersebut sehingga Nuh bin Mansyur bisa mengambil alih kembali Bukhara  atas bantuan Sultan Abu 'Abdallah Muhammad dari Dinasti Afrighiyah. 


Namun setelah Nuh bin Mansyur meninggal pada  418 H – 997 M, tidak ada syah pengganti yang cukup kuat untuk memimpin Kesultanan Samaniyah. Saat Kara-Khanid kembali menyerang Samaniyah pada  420 H – 999 M, Bukhara akhirnya jatuh dan Kesultanan Samaniyah lenyap.




Kehidupan Awal dan Pendidkan 


Kesultanan Samaniyah (240 H – 819 M sampai dengan  420 H – 999 M) pada puncak kejayaannya. Kota Balkh atau Bactria, tempat asal ayah Ibnu Sina, tampak berada di bawah Bukhara.


Ayah Ibnu Sina berasal dari Balkh, yang pindah ke Bukhara dan menjadi gubernur sebuah wilayah penting bernama Harmaytsan.  


Di dekat Harmaytsan, terdapat sebuah desa bernama Afsyanah, di mana ayah dan ibunya bertemu kemudian menikah dan menetap di sana. Di desa itulah Ibnu Sina lahir pada tahun 980, dan tidak lama disusul oleh adiknya. Pada kurun itu ketegangan antara Kesultanan Samaniyah dengan Khanat Kara-Khanid di utara dan Dinasti Buwaihi di selatan tengah memanas.


عندما أصبح ابن سينا كبيرا بما فيه الكفاية، انتقلت العائلة إلى بخارى. وفي العاصمة السمانية، بدأ ابن سينا يتلقى تعليماً أفضل. أحضر والده مدرسًا خاصًا للقرآن الكريم ومدرسًا للأدب العربي (أدب، أدب) لتعليم ولديه. وبحسب ابن سينا، فإنه عندما كان في العاشرة من عمره، حفظ القرآن الكريم والعديد من النصوص الأدبية الأخرى.

حدثت مقدمة ابن سينا الأولية للفلسفة لأنه كثيرًا ما كان يستمع إلى مناظرات والده، والتي غالبًا ما كان يحضرها أتباع الإسماعيليين المصريين، ومنهم بدأ والده ابن سينا وأخيه الأصغر في معرفة مصطلحي الروح والعقل من المنظور الإسماعيلي. وكما قال ابن سينا:

ربما لأنني كنت أسمعهم يناقشون في كثير من الأحيان بدأت أفهم ما كان يتحدث عنه هؤلاء الأتباع الإسماعيليون، لكن روحي لم تستطع أبدًا قبول ما كانوا يتحدثون عنه. ولهذا السبب، بدأوا يدعونني لمناقشة أمور مختلفة، خاصة ما يتعلق بالنفس والعقل من خلال مقاربات مختلفة لفلسفة الهند والهندسة والحساب. لم يبدو والدي سعيدًا برؤية ذلك، لذلك أرسلني والدي لفترة إلى تاجر أعشاب يتقن الحساب في جزر الهند حتى أتمكن من تعلم هذه المعرفة منه.

وبصرف النظر عن دراسة الحساب الهندي، كثيرًا ما كان ابن سينا يزور إسماعيل الزاهد، وهو عالم صوفي وحنفي مشهور في بخارى، لدراسة الفقه والفقه، حتى أصبح ماهرًا في القيام بالدفاع القانوني وفقًا لعادات ذلك الوقت. ولم يمض وقت طويل بعد ذلك، وبعد أن اعتبر تعليمه الديني كافيا، جاء فيلسوف اسمه أبو عبد الله الناتيلي إلى بخارى وعاش في منزل عائلة ابن سينا بدعوة من والده، مقابل تدريس الفلسفة لابن سينا. ومنه بدأ ابن سينا بدراسة إيساجوجي لبورفيريو، وهو المعيار في تدريس الفلسفة قبل الدخول في منطق أرسطو. بعد ذلك درس ابن سينا المنطق (علم المنطق) من أورغانون أرسطو، لكن الناطلي قدم فقط مقدمة وكان على ابن سينا أن يدرسها بنفسه؛ وبالمثل، عند دراسة الرواقية لإقليدس والمجسطي لبطليمو، علمه الناتيلي الفصول الأولى فقط ودرس الباقي بمفرده.


Ketika Ibnu Sina cukup besar, keluarga itu pindah ke Bukhara. 


Di ibukota Samaniyah itu Ibnu Sina mulai mendapat pendidikan yang lebih baik. Ayahnya mendatangkan guru khusus Al-Quran dan guru Sastra Arab (Adab, Literatur) untuk mengajar kedua putranya. Menurut Ibnu Sina, saat dirinya genap berusia 10 tahun, dia telah hapal Al-Quran serta berbagai teks sastra lainnya. 


Perkenalan awal Ibnu Sina dengan filsafat terjadi karena sering mendengarkan perdebatan ayahnya yang kerap didatangi orang-orang Mesir pengikut Ismailiyah,  dan dari mereka itulah ayahnya, Ibnu Sina, dan adiknya mulai mengenal istilah-istilah jiwa dan akal dalam perspektif Ismailiyah.


 Sebagaimana diceritakan Ibnu Sina: 


Mungkin karena saya kerap mendengar mereka berdiskusi maka saya pun mulai memahami pembicaraan pengikut Ismailiyah ini, namun jiwa saya tidak kunjung dapat menerima apa yang mereka bicarakan.


 Karena itu mereka pun mulai mengajak saya berdiskusi tentang berbagai hal  terutama terkait jiwa dan akal melalui berbagai pendekatan filsafat, geometri, dan aritmetika Hindia. Ayah tampaknya kurang senang melihat hal itu, sehingga untuk sementara waktu ayah mengirimku kepada seorang pedagang herbal yang menguasai aritmetika Hindia sehingga aku pun dapat mempelajari ilmu tersebut darinya.


Selain belajar aritmetika Hindia, 


Ibnu Sina juga kerap mendatangi Ismail Al-Zahid, seorang sufi dan ulama madzhab Hanafi yang terkenal di Bukhara, untuk belajar fiqih dan yurisprudensi, hingga mahir untuk melakukan pembelaan hukum sesuai kebiasaan zaman itu. Tidak lama dari itu, setelah pendidikan agamanya dirasa cukup, seorang filsuf bernama Abu Abdullah An-Natili datang ke Bukhara dan tinggal di rumah keluarga Ibnu Sina atas undangan ayahnya, dengan imbalan mengajar filsafat kepada Ibnu Sina. 


Darinya Ibnu Sina mulai belajar Isagoge karya Porfirios, yang merupakan standar pengajaran filsafat sebelum masuk ke logika Aristoteles. Setelah itu Ibnu Sina mempelajari logika (ilmu mantiq) dari Organon karya Aristoteles, namun An-Natili hanya memberikan pengantar dan Ibnu Sina harus mempelajarinya sendiri; demikian pula saat mempelajari Stoicheia karya Euclid dan Almagest karya Ptolemeaus, An-Natili hanya mengajarnya bab-bab awal dan sisanya dipelajari seorang diri. 


وإدراكًا منه أن ابن سينا كان أكثر مهارة في إتقان الفلسفة منه، غادر الناتيلي بخارى إلى جرجنجا للبحث عن الطلاب الآخرين الذين يحتاجون إليه أكثر. فمنذ ذلك الحين، درس ابن سينا الفلسفة وحدها، بدءًا من الفيزياء والفلسفة الطبيعية والميتافيزيقا، إلى جانب المؤلفات المتنوعة حولها، بالإضافة إلى المؤلفات المتنوعة حول الطب بشكل واسع ومتعمق. وعندما بلغ ابن سينا 16 عاما، كما جرت العادة في بخارى بالنسبة للأطفال الذين يقتربون من سن البلوغ، بدأ بدراسة الفقه على وجه الخصوص.

وبعد عام ونصف، أو عندما تجاوز عمره 17 عاما، كرر ابن سينا دروسه في الفلسفة منذ البداية، بدءا من الأورغانون إلى الفيزياء والميتافيزيقا. وجاء في سيرته الذاتية:

كل ليلة تقريبًا أبقى دائمًا في غرفتي مع إضاءة الضوء، وأقضي الوقت في القراءة والكتابة. عندما أشعر بالنعاس أو التعب، عادةً ما آخذ قسطًا من الراحة وأشرب كوبًا من شراب الأعشاب حتى أستعيد قوتي، وبعدها أواصل التهام الكتب. في كل مرة أنام فيها بسبب النعاس، غالبًا ما أحلم بالمشاكل التي أواجهها من جذورها. وبالفعل، كم من المشاكل أصبحت واضحة في حلمي (الرؤيا). لقد فعلت كل هذا حتى أتقنت حقًا مختلف فروع الفلسفة، وفهمتها إلى الحد الذي يمكن أن يصل إليه الإنسان.

الموضوع الفلسفي الوحيد الذي لم يتقنه ابن سينا هو الميتافيزيقيا لأرسطو. حتى ذات يوم، وبينما كان يمشي في السوق، وجد كتابًا للفارابي بعنوان في أجرادي كتاب ما بعد الطبيعة شرح كتاب الميتافيزيقا. ومن أعمال الفارابي تمكن ابن سينا أخيرًا من فهم الميتافيزيقا.


Menyadari bahwa Ibnu Sina lebih mahir dalam penguasaan filsafat dari dirinya, An-Natili kemudian meninggalkan Bukhara menuju Gurganja,  guna mencari murid lain yang lebih membutuhkannya.  


Maka sejak itu Ibnu Sina mempelajari filsafat seorang diri, mulai dari Fisika filsafat alam dan Metafisika , berikut berbagai karya pengantar tentangnya, juga berbagai karya tentang pengobatan secara luas dan mendalam. Dan ketika Ibnu Sina berusia 16 tahun, sebagaimana tradisi di Bukhara bagi anak yang menjelang akil baligh, dia pun mulai mendalami fiqih secara khusus.


Satu setengah tahun kemudian, atau saat berusia 17 tahun lebih, 


Ibnu Sina mengulang pelajaran filsafat dari awal, dimulai dari Organon hingga Fisika dan Metafisika. Dalam autobiografinya dikatakan: 

Hampir setiap malam saya selalu berada di kamarku dengan lampu yang menyala, dan menghabiskan waktu untuk membaca dan menulis. Manakala merasa ngantuk atau lelah, biasanya saya istirahat sejenak dan menghabiskan segelas sirup herbal  hingga kekuatan saya kembali pulih, dan kemudian saya akan meneruskan melahap buku-buku. Setiap kali saya tertidur karena kantuk, saya kerap memimpikan masalah-masalah yang sedang dihadapi hingga ke akarnya. 


Dan sungguh, betapa banyak masalah menjadi jelas duduk perkaranya dalam mimpi (ru'ya) saya. Semua itu saya jalani hingga saya benar-benar menguasai berbagai cabang filsafat, dan saya memahaminya sejauh yang bisa dicapai oleh seorang manusia.


Satu-satunya topik filsafat yang tidak dikuasai Ibnu Sina adalah Metafisika Aristoteles. 


Hingga pada suatu hari, saat sedang berjalan-jalan di sebuah pasar, dia menemukan sebuah buku karya Al-Farabi berjudul Fi Agrādhi Kitāb Mā Ba’da al-Thabi’ah  Penjelasan atas Buku Metafisika. 


Dari karya Al-Farabi itulah akhirnya Ibnu Sina bisa memahami Metafisika. 


أدت قراءته الواسعة والمكثفة، خاصة في مجال الطب، إلى أن يصبح ابن سينا في النهاية طبيب الحاكم نوح بن منصور، الذي سمح له بعد ذلك بدخول المكتبة السمانية الكبرى في بخارى مقابل العلاج الذي قدمه. وفي المكتبة، وجد ابن سينا الكثير من المؤلفات في كل غرفة من غرف المكتبة المخصصة لمختلف مجالات المعرفة. قال ابن سينا إنه قرأ هناك أعمال القدماء (الأوائل) الذين لم يلتق بهم من قبل ولم يرهم مرة أخرى في المستقبل حتى قال ابن سينا أخيرًا

قرأت الكتب الموجودة، وأتقنت مختلف التعاليم فيها، وعرفت كرامة كل مؤلف وإتقانه للمعرفة. لذا، عندما بلغت الثامنة عشرة من عمري، كنت قد أجريت دراسات في جميع فروع العلوم الموجودة. ومع ذلك، على الرغم من أنني كنت أتقنها في ذلك الوقت، إلا أنني الآن في سن [الأكبر] أشعر بأنني أكثر نضجًا في فهم ما تعلمته من قبل. حقًا، المعرفة التي أعرفها بالفعل لم تتغير كثيرًا، ولا توجد معرفة جديدة تعلمتها كشخص بالغ.

الوظيفي والاضطراب السياسي

ذات يوم أصيب أمير بخارى نوح بن منصور بمرض جعل أطباء القصر يستسلمون. ولأن ابن سينا كان معروفًا في بخارى بأنه دودة كتب، فقد تجرأ الأطباء الملكيون على تقديم اسمه لإحضاره إلى القصر. فجاء ابن سينا لتلبية الدعوة، ونجح مع أطباء القصر في شفاء الشاه. ونتيجة لهذا النجاح، طلب المعالجون من الأمير نوح بن منصور السماح لابن سينا بالوصول إلى المكتبة الملكية.


Bacaannya yang luas dan intensif, khususnya dalam bidang pengobatan, pada akhirnya membawa Ibnu Sina menjadi tabib zaman penguasa Nuh bin Mansyur, 


yang kemudian memberinya izin untuk memasuki perpustakaan besar Samaniyah di Bukhara sebagai imbalan atas pengobatan yang diberikannya. Di perpustakaan itu Ibnu Sina menemukan banyak sekali literatur di setiap bilik ruang perpustakaan yang didedikasikan untuk bidang pengetahuan yang berbeda.


 Di sana, kata Ibnu Sina, dia membaca karya-karya orang zaman dahulu (al-awa'il) yang belum pernah dia temui sebelumnya dan tidak pernah dia lihat lagi di kemudian hari  hingga akhirnya Ibnu Sina berkata 


Saya membaca buku-buku yang ada, menguasai berbagai pengajaran di dalamnya, serta mengetahui martabat setiap penulis dan penguasaan ilmunya. Maka pada saat saya mencapai usia delapan belas tahun, saya telah melakukan studi di semua cabang ilmu yang ada. 


Namun demikian, meski saat itu saya telah menguasainya, di usia [tua] sekarang saya merasa lebih matang dalam memahami apa-apa yang telah saya pelajari sebelumnya. Sungguh, ilmu yang telah saya ketahui tidak banyak berubah, tidak ada lagi ilmu baru yang saya dapati setelah dewasa.




Karir dan Pergolakan Politik 


Pada suatu ketika Amir Bukhara, Nuh bin Mansyur, menderita sakit yang membuat para tabib istana menyerah. 


Karena Ibnu Sina telah telah dikenal di Bukhara sebagai kutu buku, para tabib istana memberanikan diri mengajukan namanya untuk didatangkan ke istana. Maka Ibnu Sina pun datang memenuhi undangan tersebut, dan bersama para tabib istana berhasil menyembuhkan sang Syah.  Atas keberhasilan itu, para tabib kemudian meminta pangeran Nuh bin Mansyur agar mengizinkan Ibnu Sina mengakses perpustakaan kerajaan.


وفقًا لسيرته الذاتية، كتب ابن سينا لأول مرة بينما كان لا يزال يعيش في بخارى، عنوانه "مجموع ملخص المعرفة" استجابة لطلب جاره أبو حسين الروزي. وبعد ذلك طلب منه صديقه من كرزم ويدعى أبو بكر برجي، وهو عالم وفيلسوف، أن يكتب تعليقاً على فلسفة أرسطو؛ ثم ألف ابن سينا (الحصيل والمحصول المعنى والمضمون) الذي تناول مسائل فقهية في عشرين مجلدا، وكتاب البر والأخلاق (الفضيلة والرذيلة) الذي تناول مسائل الأخلاق والآداب.

وفي يوليو 997 م – 418 هـ، وبعد وقت قصير من استدعاء ابن سينا إلى القصر لعلاجه، توفي السلطان نوح بن منصور، وتلا ذلك هزيمة السلالة السمانية من خانية قره خانيد عام 420 هـ – 999 م. في عام 423 هـ - 1002 م توفي والده أيضًا في بخارى عندما كان ابن سينا يبلغ من العمر حوالي 22 عامًا. هذه الحادثة جعلت حياة ابن سينا تتغير بالكامل: الآن كان عليه أن يتحمل حياته، وكان عليه أن يعمل ليحل محل منصب والده في الحكومة.[7] لكن يبدو أن هذا لم يدم طويلا لأن الأحداث السياسية المختلفة التي حدثت بعد انهيار السلالة السمانية أجبرت ابن سينا على مغادرة بخارى.

أدى انهيار السلالة السمانية إلى صراعات إقليمية وأنجب حكامًا جددًا، وهم السلالة الغزنوية، الذين كانوا في البداية حكامًا سامانية في غزنة. ولما وصل نوح بن منصور إلى السلطة عين صابانجونجين واليا على غزنة سنة 418 هـ – 977 م، ثم عندما حدثت ثورة في خراسان سنة 415 هـ – 994 م، نجح سابواتجين وابنه محمود في قمع التمرد حتى تولى نوح عين بن منصور محمود واليا على خراسان. ومع ذلك، في عام 417 هـ - 997 م، توجه محمود لدعم القراخانيين الذين كانوا في ذلك الوقت في حالة حرب مع السمانية. فلما انهارت الدولة السمانية سنة 420 هـ – 999 م، استولى محمود على مناطق خراسان وبلخ وهيرات ومرو من السمانية.


Menurut autobiografinya, 


Ibnu Sina pertama kali menulis saat masih tinggal di Bukhara, yang dia beri judul Majmu' Ringkasan Ilmu  sebagai jawaban atas permintaan tetangganya yang bernama Abu Hussein al-Rouzi.  Setelah itu, temannya dari Karazm bernama Abu Bakar Bargy, ahli teologi dan filsafat, memintanya menulis komentar atas filsafat Aristoteles; maka Ibnu Sina menulis Al-Hasil wal-Mahsul  Makna dan Substansi) yang membahas persoalan yurisprudensi dalam 20 jilid, dan Al-Birr wal-Itsm  Kebajikan dan Keburukan) yang membahas masalah Etika dan Adab


Pada Juli 997 M – 418 H, 


Tidak lama setelah Ibnu Sina dipanggil ke istana untuk mengobatinya, Sultan Nuh bin Mansyur meninggal, disusul kekalahan Dinasti Samaniyah dari Khanat Kara-Khanid pada  420 H – 999 M. 


 Selanjutnya pada  tahun 423 H - 1002 M ayahnya juga meninggal di Bukhara saat usia Ibnu Sina sekitar 22 tahun.  


Kejadian ini membuat kehidupan Ibnu Sina sepenuhnya berubah: kini dia harus menanggung hidupnya sendiri dan harus bekerja menggantikan posisi ayahnya di pemerintahan.[7] Namun, tampaknya hal ini tidak berlangsung lama karena berbagai peristiwa politik yang terjadi pasca runtuhnya Dinasti Samaniyah telah memaksa Ibnu Sina untuk pergi dari Bukhara.


Keruntuhan Dinasti Samaniyah menghadirkan perebutan wilayah dan melahirkan penguasa baru, yakni Dinasti Ghaznawiyah, yang awalnya adalah gubernur Samaniyah di Ghazni. 


Ketika Nuh bin Mansyur berkuasa, 

Dia mengangkat Sabuktigin sebagai gubernur Ghazni pada  418 H – 977 M.  Lalu ketika terjadi pemberontakan di Khurasan pada  415 H – 994 M, Sabuktigin dan putranya Mahmud berhasil memadamkan pemberontakan itu sehingga Nuh bin Mansyur mengangkat Mahmud sebagai gubernur Khurasan. 


Namun, pada  417 H – 997 M Mahmud berbalik mendukung Kara-Khanid yang saat itu tengah berperang dengan Samaniyah. Maka saat Dinasti Samaniyah runtuh pada  420 H – 999 M, Mahmud mengklaim wilayah Khurasan, Balkh, Herat, dan Merv dari Samaniyah. 


إن فقدان الرعاة والحماة، وكذلك الاضطرابات السياسية والتغيرات المستمرة في السلطة، أجبرت ابن سينا على التجول والتنقل دائمًا من مدينة إلى أخرى. الاضطرابات السياسية وظهور السلالة الغزنوية التي تسيطر الآن على بخارى أجبرت ابن سينا على الانتقال من بخارى إلى جورجانجي. أراد السلطان محمود أن تكون غزنة مركزًا ثقافيًا ودعا العديد من العلماء مثل البيروني والفردوسي وابن سينا للمجيء إلى العاصمة الغزنويّة غزنة، لكن ابن سينا اختار الفرار من بخارى إلى مدينة جرجانجي في الشمال، والتي في ذلك الوقت كانت تحت سيطرة أسرة ما مونيا (995–1017) التي حكمت لفترة وجيزة منطقة الخوارزمية بعد نجاحها في الإطاحة بالأسرة الإفريقية (305–995).

وفي جرجنجي التقى ابن سينا بوزير اسمه أبو الحسين السهالي[8] الذي استقبله جيدًا وقدمه إلى حكام المأمونية. وعلى الرغم من حصوله في جورجانجي على منزل كبير وراتب كافٍ، إلا أن الظروف أجبرته على مواصلة التجوال والتنقل من مدينة إلى أخرى. على مر السنين، يقال إن ابن سينا استمر في التنقل، بدءًا من جرجانجي، إلى نيسا، ثم إلى أبيورد (الثلاثة الآن في تركمانستان)، ثم إلى طوس، إلى شقان (ساربادار)، إلى سمنجان، ثم إلى جاجارم (جميعها الآن في تركمانستان). إيران). ومن هناك خطط ابن سينا للذهاب إلى جرجان لطلب اللجوء من السلطان قابوس، من الأسرة الزيارةية، الذي اشتهر بأنه حامي العلماء؛ ومع ذلك، عندما وصل ابن سينا أخيرًا إلى المدينة، كان السلطان قابوس قد توفي منذ عام 433 هـ - 1013 م.

نانجق مكتب 1857


Kehilangan patron dan pelindung, serta terjadinya pergolakan politik dan pergantian kekuasaan yang terjadi terus menerus, memaksa Ibnu Sina untuk mengembara dan selalu berpindah dari kota ke kota. Pergolakan politik dan munculnya Dinasti Ghaznawiyah yang kini menguasai Bukhara memaksa Ibnu Sina pindah dari Bukhara ke Gurganji. 


Sultan Mahmud mengingingkan Ghazni sebagai pusat kebudayaan dan mengundang berbagai ilmuwan seperti Al-Biruni, Ferdowsi, dan Ibnu Sina untuk datang ke ibukota Ghaznawiyah di Ghazni, tapi Ibnu Sina memilih untuk melarikan diri dari Bukhara ke kota Gurganji di utara,  yang saat itu dikuasai Dinasti Ma'muniyah (995–1017) yang berkuasa sesaat di wilayah Khwarezmia setelah berhasil menggulingkan Dinasti Afrighiyah (305–995). 


Di Gurganji, 


Ibnu Sina bertemu seorang menteri bernama Abu al-Hussein Suhali[8] yang menerimanya dengan baik dan memperkenalkannya dengan penguasa Ma'muniyah.  Meski di Gurganji mendapatkan rumah yang besar dan gaji yang cukup, namun keadaan memaksanya untuk terus mengembara dan berpindah dari kota ke kota.


 Selama beberapa tahun Ibnu Sina dikabarkan terus berpindah tempat, mulai dari Gorganji, ke Nisa, lalu ke Abiward (ketiganya sekarang di Turkmenistan), kemudian ke Tus, ke Shaqqan (Sarbadar), ke Samangan, lalu ke Jajarm (semuanya sekarang di Iran). 


Dari sana Ibnu Sina berencana menuju Gorgan untuk mencari suaka kepada Sultan Qabus, dari Dinasti Ziyariyah, yang terkenal sebagai pelindung para ilmuwan; namun ketika Ibnu Sina akhirnya tiba di kota itu, Sultan Qabus telah meninggal sejak tahun  433 H – 1013 M. 


MAKTAB NANGQ 1857

نانغق مكتب 1857

46. Bsb..........47


BERSAMBUNG KE BAG 16, KLIK >>: IBNU SINA  - 2


BACA KAJIAN  NASAB BAGIAN PERTAMA, KLIK >> KAJIAN PERTAMA