Cari thema tulisan dan judul artikel disini

Sabtu, 10 Februari 2024

SERI KAJIAN NASAB : CATATAN IBNU SINA - 2

   Kajian Nasab Ke  Enam belas 

Ibnu Sina  :  980 -  Juni 1037 M

 oleh : Sayyid Syarif Arif Chandra bin Ibrahim AlKadri

Ketua Maktab Nan Gq 1857 Pusat Pontianak




م غادر ابن سينا جرجان إلى دهاي في تركمانستان لكنه اضطر للعودة إلى جرجان لأنه أصيب بمرض أثناء الرحلة. وعندما عاد إلى جرجان التقى بأبي عبيد الجوزجاني، الطالب الذي جاء من منطقة بلخ مثل والد ابن سينا. ثم أصبح أبو عبيد الجوزجاني من أكثر الطلاب ولاءً وخدم ابن سينا حتى نهاية حياته. عند هذه النقطة انتهت سيرة ابن سينا وأكمل الجوزجاني بقية القصة: "ومن هنا كنت أنا الذي دونت حلقات حياة المعلم [ابن سينا] التي شهدتها بنفسي وأنا برفقته" به حتى وفاته".

ويبدو أن ابن سينا قد استقبل جيدًا في جرجان. اشترى أحد سكان جرجان، الذي قيل إنه محب للعلم، لابن سينا منزلًا مريحًا للغاية. وبحسب دميتري غوتاس، فمن المحتمل أن يكون ابن سينا قد حصل على اللجوء من منوشهر (حكم 432 هـ – 1012 م / 451 هـ – 1031 م)، ابن السلطان قابوس، الذي أصبح حاكمًا للسلالة الزيارةية خلفًا لوالده. كثيرًا ما كان الجوزجاني يزور منزل ابن سينا ليقرأ معه "المجسطي" لبطليموس. وهناك أيضاً بدأ ابن سينا بإملاء مؤلفاته على الجوزجاني، ومنها: ملخص الأوشحة الأوسط، المبدأ والمعاد، الأرسياد الكلية (الفترة المبكرة والعودة). الملاحظات العامة)، مختصر المجسطي (تلخيص المجسطي)، ومكاتب أخرى متنوعة. وفي جرجان أيضًا، بدأ ابن سينا في كتابة الجزء الأول من القانون في الطب في الطب.

بلاد فارس حوالي الفترة 421هـ – 1000م.


Ibnu Sina kemudian meninggalkan Gorgan menuju Dahae di Turkmenistan tapi terpaksa kembali ke Gorgan karena menderita sakit selama perjalanan.


 Pada saat kembali ke Gorgan itulah dia bertemu dengan Abu 'Ubayd Juzjani, seorang pelajar, yang berasal dari wilayah Balkh seperti asal ayah Ibnu Sina.  


Abu 'Ubayd Juzjani kemudian menjadi murid yang paling setia dan melayani Ibnu Sina hingga akhir hayatnya.  Sampai periode ini autobiografi Ibnu Sina berakhir dan kisah selanjutnya diteruskan oleh Juzjani: "Dari titik ini, saya lah yang menuliskan episode-episode kehidupan Guru [Ibnu Sina] yang saya saksikan sendiri selama saya menemaninya hingga kematiannya." 


Di Gorgan tampaknya Ibnu Sina diterima dengan baik. Seorang penduduk Gorgan, yang dikatakan pencinta ilmu, membelikan Ibnu Sina sebuah rumah yang cukup nyaman. 


Menurut Dimitri Gutas, kemungkinan Ibnu Sina mendapat suaka dari Manuchihr (berkuasa  432 H – 1012 M / 451 H – 1031 M), putra Sultan Qabus, yang menjadi penguasa Dinasti Ziyariyah menggantikan ayahnya.


 Juzjani kerap mengunjungi rumah Ibnu Sina untuk membaca "Risalah Matematika" (Almagest) karya Ptolemaeus bersamanya. 


Di sana pula Ibnu Sina mulai mendiktekan karya-karyanya untuk ditulis ulang oleh Juzjani, di antaranya: Mukhtasar Al-Awshāt  Ringkasan Tengah, Al-Mabda wal-Ma'ād (Masa Awal dan Masa Kembali), Al-Arsyād Al-Kulliyah (Observasi Umum), Mukhtasar Al-Majisti (Ringkasan Almagest), dan berbagai traktat lainnya. Di Gorgan pula Ibnu Sina mulai menulis bagian awal Al-Qānūn fī al-Thibb  Kanon Kedokteran. 


Persia sekitar kurun waktu 421 H – 1000  Masehi


وبعد مرور بعض الوقت، لأسباب لم تُذكر، حوالي عام 433هـ – 1014م، غادر ابن سينا جرجان إلى الري في بلاد فارس، المدينة التي ولد فيها الخليفة هارون الرشيد. وعندما وصل الري، كان يقود المدينة أمير شاب من أسرة البويهي اسمه مجد الدولة، فتوفيت والدته في ذلك الوقت السيدة سيرين (447 هـ – 1028 م)، وكانت في السلطة فعلياً. وكما روى الجوزجاني فإن مجد الدولة كان مريضاً فوضعته أمه في الحريم وكلّف ابن سينا برعايته.

وأقام ابن سينا في الري سنتين إلى ثلاث، وأتم هناك كتاباً بعنوان كتاب المعاد. بعد ذلك انتقل ابن سينا من الري إلى قزوين، ثم إلى همدان وعُين وزيراً لشمس الدولة، وهو شقيق مجد الدولة. وعلى الرغم من أن الجوزجاني لم يذكر أسباب تحرك ابن سينا، إلا أن خفاندامير، وهو مؤرخ فارسي من القرن الخامس عشر، قال إن ابن سينا أغضب السيدة سيرين بإصراره على أن أحد أبنائه له الحق في المملكة.

وفي حياته المزدحمة كوزير ملكي، طلب الجوزجاني من معلمه مواصلة الكتابة ووعد ابن سينا بالوفاء بذلك.[7] فبمساعدة الجوزجاني وطلابه الآخرين، كان ابن سينا يعقد كل ليلة اجتماعًا في منزله مع طلابه، حتى نجح ابن سينا أخيرًا في إكمال كتابه القانون في الطب الذي كان عنده. بدأ في جورجون، وبدأ في كتابة كتاب الشفاء.


Selang beberapa waktu, untuk alasan yang tidak disebutkan, sekitar tahun 433 H – 1014 M Ibnu Sina meninggalkan Gorgan menuju Ray di Persia, kota tempat kelahiran Khalifah Harun al-Rasyid.


 Saat tiba di Ray, kota itu dipimpin seorang emir dari Dinasti Buwaihi yang masih kecil bernama Majd al-Dawla, sehingga pada waktu itu ibunya, Sayyidah Syirin wafat 447 H – 1028 M, yang secara de facto berkuasa. 


Sebagaimana dikisahkan Juzjani, Majd al-Dawla menderita sakit dan ditempatkan ibunya di harem dan Ibnu Sina ditugaskan untuk merawatnya. 


Ibnu Sina menetap di Ray selama dua hingga tiga tahun, dan di sana menyelesaikan sebuah buku berjudul Kitāb al-Ma'ad (Buku Masa Kembali).  


Setelah itu Ibnu Sina pergi dari Ray menuju Qazwin, kemudian menuju Hamadan dan diangkat sebagai wazir (perdana menteri) Syams al-Dawla, yang tidak lain saudara Majd al-Dawla. 


Meski Juzjani tidak menceritakan alasan kepindahan Ibnu Sina, namun Khvandamir, sejarahwan Persia abad ke-15, menceritakan bahwa Ibnu Sina membuat marah Sayyidah Syirin karena bersikeras bahwa salah satu putranya memiliki hak atas kerajaan. 


Dalam kesibukannya sebagai wazir kerajaan, Juzjani meminta gurunya untuk terus menulis dan Ibnu Sina berjanji untuk memenuhinya.[7] Maka atas bantuan Juzjani dan murid-muridnya yang lain, setiap malam Ibnu Sina mengadakan pertemuan di rumahnya bersama murid-muridnya, sehinga akhirnya Ibnu Sina berhasil menyelesaikan bukunya Al-Qānūn fī al-Thibb (Kanon Kedokteran) yang telah dimulai sejak di Gorgon, serta mulai menulis Kitāb Al-Syifā (Buku Penyembuhan). 


ويقال من تاريخ آخر أن ابن سينا، كل صباح، قبل الذهاب إلى العمل، كان يأخذ وقتًا لكتابة كتاب السيفا، ثم يدعو طلابه ويقرأ ما كتبه. وعندما توفي شمس الدولة عام 440 هـ – 1021 م، طلب القادة من سما الدولة، الذي تولى العرش خلفًا لوالده، الاستمرار في تعيين ابن سينا وزيرًا للمملكة. لكن ابن سينا رفض هذا الطلب، والسبب، بحسب سهيل م. أفنان، هو أن الجنرالات في همدان كانوا قد هاجموا ابن سينا سابقًا. وبدلاً من البقاء وزيراً، اختار ابن سينا المغادرة والاختباء بمساعدة حاميه أبو غالب العطار. وفي هذه الفترة نجح ابن سينا في إكمال كتاب السيفة الذي كان يكتبه كل يوم خمسين (50) صفحة.

أثناء اختباءه، أجرى ابن سينا مراسلات سرية مع علاء الدولة، حاكم أصفهان، وعرض عليه أن يصبح خادمًا له. وقد اشتمت السلطات في همدان، وخاصة الوزير الذي يدعى تاج الملك، بهذه الحادثة واتهمت ابن سينا بالخيانة. فقبضوا على ابن سينا وحبسوه في قلعة خارج همدان تسمى فردجان. سُجن ابن سينا لمدة أربعة أشهر تقريبًا حتى هاجمت قوات علاء الدولة من أصفهان همدان وأنهت حكم سماعة الدولة عام 442 هـ - 1023 م، وتم إطلاق سراح ابن سينا.

نانجق مكتب 1857


Dari riwayat yang lain dikatakan bahwa setiap pagi, sebelum berangkat bekerja, Ibnu Sina selalu menyempatkan diri untuk menulis Kitāb Al-Syifā, kemudian memanggil murid-muridnya dan membacakan tulisannya. 


Ketika Syams Al-Dawla meninggal tahun  440 H – 1021 M, para jendral meminta Sama Al-Dawla, yang naik tahta menggantikan ayahnya, untuk tetap menjadikan Ibnu Sina sebagai wazir kerajaan. 


Tetapi Ibnu Sina menulak permintaan ini, yang alasannya, menurut Soheil M. Afnan, karena sebelumnya para jendral di Hamadan sempat menyerang Ibnu Sina.  


Alih-alih tetap menjadi wazir, Ibnu Sina memilih untuk pergi dan bersembunyi atas bantuan pelindungnya, Abu Ghalib al-Attar;  di mana pada kurun inilah Ibnu Sina berhasil menyelesaikan Kitāb al-Syifā yang dia tulis lima puluh  (50)  halaman setiap harinya. 


Selama dalam persembunyian, 


Ibnu Sina sempat melakukan korespondensi rahasia dengan 'Ala al-Dawla, penguasa di Isfahan, dan menawarkan diri untuk menjadi pembantunya. 


Penguasa di Hamadan, khususnya menteri bernama Tāj-al-Mulk, mencium peristiwa ini dan menuduh Ibnu Sina melakukan pengkhianatan. 


Maka mereka pun menangkap Ibnu Sina dan memenjarakannya di sebuah kastil di luar Hamadān yang disebut Fardajān.  Ibnu Sina dipenjara selama hampir empat bulan hingga pasukan 'Ala al-Dawla dari Isfahan menyerang Hamadan dan mengakhiri pemerintahan Samāʾ al-Dawla pada 442 H – 1023 M. Ibnu Sina pun bebas.

MAKTAB NANGQ 1857

نانعق مكتب 1857




أثناء وجوده في المعتقل، انتهى ابن سينا من الانشغال بتأليف وإكمال كتاب الهداية، ورسالة حي بن يقظان قصة حياة اليقظ، وكتاب القولنج، وكتاب المغص، وكتاب المغص، وكتاب الهداية. العدويات القلبية لطب القلب. عندما تم إطلاق سراحه من السجن وأثناء وجوده في همدان، أمضى ابن سينا وقتًا في كتابة الفصل المنطقي من كتاب السيفا، وهو كتاب عبد القدير، وهو شيء منطقي أو شيء غير منطقي وفقًا للمنطق. نظرًا لأن منطق AQ محدود، فإن المعيار العام هو شيء لا معنى له بالنسبة للمنطق، ولكن عندما يكون AQ أعلى من المعيار العام، فإنه يصبح شيئًا منطقيًا تمامًا ويتضمن في الواقع المنطق.

AQ الذي يتمتع بالمعيار العام AQ مائة وخمسون (150) هو في الأساس أكثر احتمالية لقبول المعلومات ويكون في حده الأدنى جدًا في إجراء الأبحاث والتجارب. ونتيجة لذلك، فمن المرجح أن يقبل المعلومات التي يمتصها على أنها معقولة أو معقولة. غير منطقى. "وفي الوقت نفسه، عبد القدير أعلى من مائة وخمسين (150)." إنهم أشخاص ينشطون عندما يسمعون ما إذا كانت المعلومات منطقية أم لا. "لذا فإنهم هم أنفسهم الذين يختبرون ويبحثون ويفحصون ويدرسون ويفهمون أولاً حتى يتكرر مستوى البحث حتى تكون هناك نقطة مصدر أولية إلى نقطة المصدر النهائية. توضيح حقيقة المعلومات. حتى أخيرًا أصدروا قرارًا بناءً على نتائج البحث. قالوا إن هذا منطقي تمامًا. "لأنهم مهما فعلوا تجنبا للذم والتطاول،.


Selama dalam tahanan, 


Ibnu Sina menyelesaikan menyibukkan diri dengan menulis dan menyelesaikan Kitāb Al-Hidāyah (Buku Hidayah), Risālah Hayy bin Yaqdzān  Kisah Kehidupan Orang yang Waspada, Kitāb Al-Qulanj  Buku tentang Kolik/Sakit Perut, dan Al-Adawiyāt al-Qalbiyah Pengobatan Jantung. Ketika sudah keluar dari tahanan dan saat masih berada di Hamadan, Ibnu Sina menghabiskan waktu menulis Bab logika dari Kitāb Al-Syifā, Kitab Tentang AQ sesutu yang masuk Akal atau sesuatu yang tidak masuk akal menurut logika,. 


Karena logikaAQ yang terbatas Standar  umum susuatu yang tidak masuk akal bagi logika, akan tetapi ketika AQ tersebut berada di atas standar  umum menjadi sesuatu yang sangat masuk akal dan di yaqini kebanaranya termasuk logika


AQ yang berstandar umum AQ  Seratus Lima Puluh (150)  pada hakekatnya lebih cenderung bersipat menerima informasi dan sangat minim untuk melakukan penelitian, uji coba, Alhasil lebih cenderung besripat menerima informasi yang di serap masuk akal atau tidak masuk akal,. 


“Sedangkan AQ yang berada di atas AQ Seratus Lima Puluh (150),. 


Mereka adalah orang – orang yang aktip ketika mendengar sebuah informasi masuk akal atau tidak,. “Maka mereka sendirilah yang menguji, meneliti, memeriksa, mempelajari, memahami terlebih dahulu sampai pada tingkat Penelitian yang ber ulang – ulang sampai ada titik sumber awal sampai pada titik sumber ahirnya,. terang kebenaran informasi tersebut,. 


Sampai ahirnya mereka memberikan Keputusan ternyata dari hasil penelitian itu,. Mereka bekata ini sangat masuk akal,. “Sebab apapun yang mereka lakukan untuk menghindari Fitnah dan yang berkepanjangan,. 




هكذا في بحث أهل البيت رسول الله نسب. "يأخذ ابن سينا دائما نقطة انطلاقه من جيل إلى جيل لمعرفة ما يحدث من تغيرات واختلافات، حتى يتم التوصل في النقطة الأخيرة إلى قرار لا يضر أي طرف. "وفي الحقيقة هو مفيد للطرفين لأن المعلومات التي تم الحصول عليها صحيحة للغاية، فهو مسؤول أمام الله وملائكته ورسله وأهل بيته".

عُرض على ابن سينا مرة أخرى أن يتولى منصبًا إداريًا في همدان لكنه رفض. وبعد فترة قرر ابن سينا الانتقال إلى أصفهان مع أتباعه وهم الجوزجاني وأخيه بالإضافة إلى عبدين. وتنكروا بملابس صوفية حتى وصلوا أخيرًا إلى أبواب أصفهان. وهناك استقبلهم أصدقاؤهم، ثم تم نقلهم إلى منزل تم إعداده ليكون مكان إقامتهم. يبدو أن الانتقال إلى أصفهان والتواجد تحت حماية علاء الدولة هو القرار الصحيح وكانت الفترة الأكثر استقرارًا في حياة ابن سينا.[16] وعلى حد تعبير الجوزجاني، فإن الحاكم الكاكوية "أعطاه الاحترام والتقدير الذي يستحقه شخص مثله [ابن سينا]".[13] وليس من المستغرب أن يصدر علاء الدولة مرسومًا: يُعقد اجتماع مساء كل يوم جمعة. لابن سينا مناقشة المواضيع العلمية والفلسفية، وكان يحضره المثقفون من كافة مناحي الحياة.[6]

أثناء إقامته في أصفهان، لم يكن ابن سينا يشغل منصبًا رسميًا في الحكومة وكان يميل إلى تجنب السياسة وكل زخارفها. كرس كل وقته للكتابة والتدريس فقط. ولأول مرة، كتب ابن سينا أيضًا كتابًا عن الفلسفة باللغة الفارسية والذي - وفقًا لاسم راعيه - كان بعنوان "دانيش نامه يي علائي كتاب المعرفة على الدولة". علاوة على ذلك، كتب ابن سينا كتاب النجاة، كتاب الصلاة، وكتاب الإنصاف، كتاب الحكم الذاتي، وأكمل كتاب الشفاء، كتاب الشفاء، الذي كان رائدا فيه منذ فترة طويلة.


“Maka dalam Penelitia Nasab Ahlulbeit Rasullullah,.


 “Ibnu Sina selalu mengambil titik awalnya secara turun – temurun untuk mengetahui perubahan dan perbedaan yang terjadi sehingga di titik ahirya akan di peroleh sebuah Keputusan yang tidak merugikan pihak manapun juga,.


 “Dan justru saling menguntungkan karena Informasi yang di peroleh sangat Valid, Benar, Shohe dapat di pertanggungjawabkan di sisi Allah, Para Malaikatnya, Para Rasulnya dan Ahlulbeitnya


Ibnu Sina sempat ditawari kembali untuk menduduki posisi administratif di Hamadan tetapi  beliau  menolaknya.


 Selang beberapa waktu, Ibnu Sina memutuskan untuk pindah ke Isfahan bersama para pengikutnya, yakni Juzjani dan saudaranya, serta dua orang budak. 


Mereka menyamar menggunakan pakaian sufi hingga akhirnya tiba di gerbang Isfahan. Di sana mereka disambut sahabat-sahabatnya, kemudian dibawa ke sebuah rumah yang sudah disiapkan sebagai tempat kediamannya. 


Pindah ke Isfahan dan berada di bawah perlindungan 'Ala al-Dawla, tampaknya merupakan keputusan yang tepat dan menjadi periode paling stabil dalam kehidupan Ibnu Sina.[16] 


Dalam kalimat Juzjani, penguasa Kakuyiah itu "memberikan rasa hormat dan penghargaan yang sudah sepantasnya diterima oleh seseorang sekaliber dia [Ibnu Sina]."[13] Tidak heran bila 'Ala al-Dawla mengeluarkan maklumat: pada setiap Jumat malam sebuah pertemuan digelar bagi Ibnu Sina untuk membahas topik ilmiah dan filosofis, dan dihadiri orang-orang terpelajar dari semua golongan.[6]


Selama menetap di Isfahan, 


Ibnu Sina tidak menduduki posisi resmi di pemerintahan dan cenderung menghindari politik beserta seluruh perangkapnya. Dia mengabdikan seluruh waktunya hanya untuk menulis dan mengajar. Untuk pertama kalinya, Ibnu Sina juga menulis sebuah buku tentang filsafat dalam bahasa Persia yang—sesuai dengan nama pelindungnya—diberi judul Dānish-Nāmeh ye 'Alā'i  Buku Pengetahuan 'Ala al-Daula .


 Di luar itu Ibnu Sina menulis Kitāb al-Najāt Buku Doa, Kitāb al-Insyāf  Buku Penghakiman Diri, dan melengkapi Kitāb al-Syifā  Buku Penyembuhan  yang telah lama dirintisnya

الخوض في اللغة العربية


ورغم أن ابن سينا كان معتادًا على الكتابة باللغة العربية، إلا أنه لم يكن خبيرًا في مجال الأدب والأدب العربي. وفي أحد الأيام، وفي اجتماع حضره علاء الدولة، عبر ابن سينا عن إجابة لسؤال لغوي معقد. تقدم رجل متعلم وقال: "أنت فيلسوف ورجل حكيم أيضًا، لكنك لا تفهم فقه اللغة جيدًا بحيث لا ترضينا إجاباتك". هذا التوبيخ اللطيف أزعج ابن سينا كثيرًا؛ لذلك قام بدراسة قواعد اللغة العربية وآدابها بشكل جدي.

وبعد حوالي ثلاث سنوات، نجح ابن سينا في جمع ثلاث قصائد عربية مليئة بالكلمات النادرة؛ وكتب ثلاث مقالات بأساليب لغوية مختلفة. ثم جمع كتابه في مجلد واحد، ثم سلمه إلى علاء الدولة لينقله إلى العالم الذي وبخه. اندهش العالم عندما قرأها، ولم يتمكن من تخمين كاتبها.

وفي السنوات التالية، حاول ابن سينا أن يجمع عملاً في علم اللغة العربي بعنوان لسان العرب، لكن هذه الكتابة لم تكتمل وظلت في شكل مخطوطة تقريبية حتى وفاته. عدا عن ذلك، فقد كتب ابن سينا أيضًا مقالًا عن المنطق أثناء زيارته لجرجان بعنوان المختصر الأصغر، والذي أدرج لاحقًا في فاتحة كتاب النجاة.


Mendalami Bahasa Arab  


Meski Ibnu Sina sudah terbiasa menulis dalam bahasa Arab, tapi dia bukanlah ahli dalam bidang sastra dan literatur Arab. 


Pada suatu hari, dalam pertemuan yang dihadiri 'Ala al-Dawla, Ibnu Sina mengutarakan jawaban akan sebuah pertanyaan linguistik yang pelik. Seorang terpelajar maju dan berkata, "Anda adalah seorang filsuf dan juga orang bijaksana, tetapi tidak cukup baik memahami filologi sehingga jawaban Anda tidak memuaskan hati kami." 


Teguran halus ini sangat mengganggu Ibnu Sina; maka dia pun secara sungguh-sungguh mempelajari Tata bahasa dan sastra Arab secara menyeluruh. 


Sekitar tiga tahun kemudian, Ibnu Sina berhasil menyusun tiga puisi Arab yang penuh dengan kata-kata langka; serta menulis tiga esai dengan berbagai gaya bahasa. Dia lalu membundel karyanya dalam satu jilid, kemudian menyerahkannya kepada 'Ala al-Dawla agar diteruskan kepada orang terpelajar yang telah menegurnya. Orang terpelajar itu keheranan membacanya, dan tidak berhasil menebak pengarangnya. 


Pada tahun-tahun berikutnya Ibnu Sina mencoba menyusun sebuah karya tentang linguistik Arab yang diberi judul Lisānul Arab, namun tulisan ini tidak selesai dan masih dalam bentuk naskah kasar hingga kematian menjemputnya.  Selain itu Ibnu Sina juga menulis sebuah esai tentang Logika saat mengunjungi Gorgan yang berjudul al-Mukhtasar al-Asghār (Ringkasan Pendek), yang kemudian disertakan pada pembukaan Kitāb Al-Najāt


MAKTAB NANGQ 1857

نانعق مكتب 1857

47. Bsb...........48


BERSAMBUNG KE BAGIAN 17, KLIK >>: IBNU  SINA - 3

BACA KAJIAN NASAB BAGIAN PERTAMA, KLIK >> : KAJIAN PERTAMA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar