Kajian Nasab Ke Sepuluh oleh :
Sayyid Syarif Arif Chandra bin Ibrahim AlKadri
Ketua Maktab Nan Gq 1857 Pusat Pontianak
SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Bin Ali Al – Ureidha Bin Ja’far Ashadiq Bin Muhammad Al – Bagir Bin Ali Jainal Abidin Asyajad Bin Saidina Husein Ibnatun Fatimah Az – Zahra Binti Muhammad Shallullahu Alaihi Wasalam,. Ibunda Siti Harumi,.
حمد جمال الدين النقيب العريضي، . محمد بن علي بن جعفر، الابن الثالث لعلي العريضي. ولد بالمدينة المنورة، ثم تبع
أباه إلى قرية عُرَيْض. ثم انتقل هو نفسه للعيش مرة أخرى في البصرة[1]. وفي سنة 200هـ يشتبه أنه كان مع حاشية الإمام علي الرضا في طريقه إلى خراسان. وجاءت هذه الرحلة بدعوة من الخليفة المأمون بن الرشيد للإمام علي الرضا لتعيينه ولياً للعهد. وبحسب الأصفهاني، دعا المأمون جماعة من بني أبي طالب وأمر بإحضارهم إليه من المدينة. فأمر المأمون بمسيرهم في طريق البصرة حتى وصلوا قبله. عند وصوله إلى البصرة، بقي محمد النقيب في تلك المدينة بينما واصل الإمام علي الرضا رحلته إلى الأهواز في شيراز حتى وصل إلى مرو عاصمة خراسان.
زوجة وأبناء سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب بن علي العريضه بن جعفر صادق بن محمد الباقر بن علي جينال عابدين أسياد بن سعيدنا حسين ابنتون فاطمة الزهراء بنتي محمد شل الله عليه وسلم. والدة سيتي هارومي.
"الرومي" أي لأنه يبدو أبيض محمر مثل رجل الرومي.
ولد في مدينة البصرة بالعراق 214هـ – 793م
مدينة البصرة بالعراق، توفي 298هـ – 877م
زوجات سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين النجيب
زوجة أم فاطمة أحمد الأولى
الزوجة الثانية ماريا
زوجة ميمونة الثالثة
الزوجة الرابعة رحيمة
زوجة سعيدة الخامسة
Muhammad Jamaluddin An-Naqib Al-'Uraidhi,. Muhammad bin Ali bin Ja'far, adalah putra ketiga Ali Al-Uraidhi. Beliau lahir di Madinah, lalu ikut ayahnya ke desa 'Uraidh. Kemudian beliau sendiri pindah menetap lagi di Basra.
Pada 200 H – 780 M, ada dugaan beliau bersama rombongan Imam Ali Al-Ridha, dalam perjalanannya ke Khurasan. Perjalanan itu terjadi atas undangan khalifah Al-Ma’mun bin Al-Rasyid kepada Imam Ali al-Ridha untuk diangkat menjadi putera mahkota.
Menurut Al-Isfahani, Al-Ma’mun mengundang segolongan Bani Abi Thalib dan memerintahkan agar mereka dibawa menghadapnya dari Madinah.
Al-Ma’mun memerintahkan agar mereka dikawal sepanjang jalan melalui Basra sampai mereka tiba ke hadapannya,.
Sampai di Basra, Muhammad Al-Naqib menetap di kota itu sedangkan Imam 'Ali Al-Ridha melanjutkan perjalanan ke Ahwaz, Syiraz hingga tiba di Merv, ibukota Khurasan
Istri dan Anak – anak SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib Bin Ali Al – Ureidha Bin Ja’far Ashadiq Bin Muhammad Al – Bagir Bin Ali Jainal Abidin Asyajad Bin Saidina Husein Ibnatun Fatimah Az – Zahra Binti Muhammad Shallullahu Alaihi Wasalam,. Ibunda Siti Harumi,.
Ar-Rummi, Yang bearti karena rupanya putih kemerah-merahan seperti pria dari Romawi,
Lahir Kota Basrah Iraq 214 H – 793 M
Wafat Kota Basrah Irak 298 H – 877 M
Istri – istri SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Istri Pertama Ummu Fatimah Ahmad
Istri Kedua Maria
Istri Ketiga Maimunah
Istri Keempat Rahimah
Istri Kelima Saedah
أولاد سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين أن – نجيب بن علي العريضه بن جعفر صادق بن محمد الباقر بن علي جينال عابدين أسياد بن سعيدنا حسين ابنتون فاطمة الزهراء بنتي محمد شل الله عليه وسلم. والدة سيتي هارومي.
زوجة أم فاطمة أحمد الأولى
الطفل الأول سيدنا أحمد المهاجر بن سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الابن الثاني لعبد الله ليس له ذرية بن سعيدةنا عيسى أرومي بن سعيدة محمد جلال الدين نجيب
الابن الثالث لعبد الرحمن ليس له ذرية بن سعيدةنا عيسى أرومي بن سعيدة محمد جلال الدين نجيب
الزوجة الثانية ماريا أناك
الطفل الرابع لعبد الله الأكبر، ولم ينجب أطفالاً. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل الخامس لعبد الله الأحول، ولم ينجب أطفالاً. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل السادس لعبد الله الأصغور، ولم ينجب أطفالاً. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الابن السابع لداود لم يكن له أطفال. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل الثامن ليحيى، ليس له ذرية بن سعيدنا عيسى الأرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل التاسع لعلي لم يكن لديه أطفال. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل العاشر لعباس، لم يكن له أولاد. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الابن الحادي عشر ليوسف لم يكن له أولاد. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
Anak – anak SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib Bin Ali Al – Ureidha Bin Ja’far Ashadiq Bin Muhammad Al – Bagir Bin Ali Jainal Abidin Asyajad Bin Saidina Husein Ibnatun Fatimah Az – Zahra Binti Muhammad Shallullahu Alaihi Wasalam,. Ibunda Siti Harumi,.
Istri Pertama Ummu Fatimah Ahmad Anak
Anak Pertama SAYYIDINA AHMAD ALMUHAJIR Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kedua Abdullah, tidak mempunyai keturunan Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ketiga Abdurahman, tidak mempunyai keturunan Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Istri Kedua Maria Anak
Anak Keempat Abdullah al-Akbar, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kelima Abdullah al-Ahwal, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Keenam Abdullah al-Asghor, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ketujuh Daud, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Keselapan Yahya, tidak mempunyai keturunan Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kesembilan Ali, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kesepuluh Abbas, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kesebelas Yusuf, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
الزوجة الثالثة اولاد ميمونة
حمزة هو الابن الثاني عشر، ولم يكن له أولاد. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
أما الابن الثالث عشر لسليمان فلم يكن له أولاد. بن سعيدنا عيسى العرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الابن الرابع عشر لإسماعيل بن سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
ولد زيد الخامس عشر بن سعيدة عيسى أرومي بن سعيدة محمد جلال الدين نجيب
ولد قاسم السادس عشر بن سعيدةنا عيسى أرومي بن سعيدة محمد جلال الدين نجيب
الزوجة الرابعة اولاد رحيمة
ولد حمزة السابع عشر بن سعيدة عيسى أرومي بن سعيدة محمد جلال الدين نجيب
ولد هارون الثامن عشر بن سعيدنا عيسى الأرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل يحيى التاسع عشر بن سعيدةنا عيسى أرومي بن سعيدينا محمد جلال الدين نجيب
الابن العشرين لعلي بن سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الابن الحادي والعشرون لموسى بن سعيدنا عيسى الأرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل الثاني والعشرون لإبراهيم بن سعيدةنا عيسى أرومي بن سعيدة محمد جلال الدين نجيب
Istri Ketiga Maimunah Anak
Anak Keduabelas Hamzah, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ketigabelas Sulaiman, tidak mempunyai keturunan. Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Keempatbelas Ismail, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kelimabelas Zaid, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Keenambelas Qasim, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Istri KeempatRahimah Anak
Anak Ketujuh Belas Hamzah, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kedelapanbelas Harun, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kesembilan belas Yahya, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kedua Puluh Ali, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Kedua Puluh Satu Musa, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ke Dua Puluh Dua Ibrahim, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
زوجة سعيدة عناك الخامسة
ولد جعفر الثالث والعشرون بن سعيدنا عيسى الأرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين النجيب
الطفل الرابع والعشرون لعلي الاصغر بن سعيدنا عيسى ارومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل الخامس والعشرون إسحاق بن سيدينا عيسى أرومي بن سعيدينا محمد جلال الدين نجيب
الابن السادس والعشرون للحسين بن سعيدةنا عيسى ارومي بن سعيدة محمد جلال الدين نجيب
الابن السابع والعشرون لعبد الله بن سعيدنا عيسى الأرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل الثامن والعشرون لمحمد بن سعيدنا عيسى الأرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل التاسع والعشرون عيسى بن سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب
الطفل الأول سيدنا أحمد المهاجر بن سعيدنا عيسى أرومي بن سعيدنا محمد جلال الدين نجيب بن علي العريضه بن جعفر صادق بن محمد الباقر بن علي جينال عابدين أسياد بن سعيدنا حسين ابنتون فاطمة الزهراء بنتي محمد شل الله عليه وسلم، . "والدة أم فاطمة أحمد
عرب قريص العباسية ثلاثون بالمائة (30%)
مسيحيو الروما ثلاثون بالمائة (30٪) و
يهود بني إسرائيل ثلاثون بالمئة (30%)
المبلغ مائة بالمائة (100%)
النور الذي ينتمي إلى الضوء الأخضر الذهبي السيدة حسين ابنتون فاطمة الزهراء رضي الله عنها بنت النبي محمد صلى الله عليه وسلم. "حالة شوهي،.
Istri Kelima Saedah Anak
Anak Ke Dua Puluh Tiga Ja’far, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ke Dua Puluh Empat Ali Al- Asghor, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ke Dua Puluh Lima Ishaq, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ke Dua Puluh Enam Husin, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ke Dua puluh Tujuh Abdullah, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ke Dua Puluh Delapan Muhammad, Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Ke Dua Puluh Sembilan Isa Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib
Anak Pertama SAYYIDINA AHMAD ALMUHAJIR Bin SAIDINA ISA ARUMI Bin Saidina Muhammad Djaluddin An – Nagib Bin Ali Al – Ureidha Bin Ja’far Ashadiq Bin Muhammad Al – Bagir Bin Ali Jainal Abidin Asyajad Bin Saidina Husein Ibnatun Fatimah Az – Zahra Binti Muhammad Shallullahu Alaihi Wasalam,. “Ibunda Ummu Fatimah Ahmad
Arab Qurais Abasyiah Empat Puluh Persen (40 %)
Roma Nasrani Tiga Puluh Persen (30 %) dan
Yahudia Bani Isral Tiga Puluh Persen (30 %)
Jumlah Seratus Persen (100 %)
Cahaya yang di miliki Cahaya Hijau Ke Emasan Saidina Husen Ibnatun Fatimah Az – Zahra Radiallah Anha Binti Nabi MuhammadShallullahu Alaihi Wasalam,. “Status Shohe,.
وهناك مزاعم بأنه كان مع حاشية الإمام علي الرضا في طريقه إلى خراسان. وجاءت الرحلة بدعوة من الخليفة المأمون بن الرشيد للإمام علي الرضا لتعيينه ولياً للعهد. وذكر الأصفهاني أن المأمون دعا جماعة من بني أبي طالب وأمر بإحضارهم إليه من المدينة. فأمر المأمون بمسيرهم في طريق البصرة حتى وصلوا قبله. عند وصوله إلى البصرة، بقي محمد النقيب في تلك المدينة بينما واصل الإمام علي الرضا رحلته إلى الأحواز وشيراز حتى وصوله إلى مرو عاصمة خراسان.
ويظهر التعبير اللغوي الذي صاغه الأصفهاني أن الأصفهاني لا يعترف مباشرة بالإمام علي العريضة باعتباره سليلاً مباشراً لرسول الله، بل هو عضو في بني أبي طالب. ولأن الأصفهاني بحسب المصادر في ذلك الوقت كانوا من أتباع الشيعة الذين جعلوا سيدنا علي بن أبي طالب أول إمام للشيعة، فكان من الطبيعي بالنسبة لهم أن يعبدوا بني أبي طالب، لأن الإمام علي العويضة كان من نسل سيدنا علي بن أبي طالب. ومثل هذه اللغة تتناقض بشكل واضح مع أحاديث رسول الله صلى الله عليه وسلم كما سبق، لأن مجد سيدنا علي بن أبي طالب كان بسبب زواجه من السيدة فاطمة الزهراء. ولكن رضي الله عنها، حسب الفهم الشيعي، تركت هذه الجملة من أجل وحدة المجتمع المسلم في ذلك الوقت، حتى لا يكون هناك انقسام يضر فعليا بالإسلام ككل، والواضح أن علماء أهل السنة قد صححوه على أساس الحجج، وهي حجج مباشرة من رسول الله وآل البيت، بحيث تجاهلوا افتراضات الشيعة، مع وجود أسباب أكمل لوحدة المجتمع المسلم في ذلك الوقت. وقت
Ada dugaan beliau ikut bersama rombongan Imam Ali Al-Ridha,
dalam perjalanannya ke Khurasan.
Perjalanan itu terjadi atas undangan khalifah Al-Ma’mun bin Al-Rasyid kepada Imam Ali al-Ridha untuk diangkat menjadi putera mahkota. Menurut Al-Isfahani, Al-Ma’mun mengundang segolongan Bani Abi Thalib dan memerintahkan agar mereka dibawa menghadapnya dari Madinah.
Al-Ma’mun memerintahkan agar mereka dikawal sepanjang jalan melalui Basra sampai mereka tiba ke hadapannya,.
Sampai di Basra, "Muhammad Al-Naqib" menetap di kota itu sedangkan Imam 'Ali Al-Ridha melanjutkan perjalanan ke Ahwaz, Syiraz hingga tiba di Merv, ibukota Khurasan
Ungkapan bahasa yang di cetuskan oleh Al – Isfahani menunjukan, bahwasanya Al – Isfahani tidak menyebut secara langsung Imam Ali Al – Ureidha sebagai keturunan langsung Rasullullah, melainkan segelongan Bani Abi Talib,. **Bisa jadi dengan maksud melindungi beliau, mengingat apa yang terjadi pada kakek beliau Husein Ibnatun Fathimah yang dibunuh ditengah jalan, antara Mekkah dan Kufah
Karena Al – Isfahani meurut sumber saat itu merupakan pengikut Sayidina Ali Bin Abi Thalib sebagai Imam pertama, maka di anggap wajar jika mereka menonjolkan Bani Abi Thalib, Sebab Imam Ali Al – Ureidha adalah keturunan dari Sayidina Ali Bin Abi Thalib,. dan Sayyidah Zahra
Kalimat itu dibiarkan agar tidak terjadi perpecahan yang justru akan merugikan Islam secara ke seluruhan, yang jelas Ulama belakangan telah melurusan itu berdasarkan dalil – dalil langsung dari Rasullullah dan Alulbeitnya, dengan alasan yang lebih sempurna demi keutuhan umat Islam saat itu
MAKTAB NANGQ 1857
43. Bsb.....44
BERSAMBUNG BAGIAN KE 11, Klik >> : SAYYIDINA AHMAD ALMUHAJIR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar